Kamis, 03 Juli 2014

10. KOMUNIKASI YANG EFEKTIF

PENGERTIAN KOMUNIKASI
Upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi dsb, agar diketahui atau dipahami oleh orang lain

To make opinions, feelings, information etc, known Or understood by others (Longman)

Kemampuan untuk mengungkapkan keinginan, ide, perasaan, fikiran atau pendapat seseorang sehingga dapat mengerti dan dimengerti oleh orang lain.

“Proses penyampaian pesan dari Komunikator ke Komunikan melalui saluran/media dengan harapan mendapatkan umpan balik”

UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
o  Komunikator/sender/pengirim
o   Pesan
o   Channel/saluran/media
o   Komunikan/Penerima/Reciever
o   Respon



KOMUNIKASI EFEKTIF
 KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL



PENGARUH BUDAYA DLM KOMUNIKASI
  • Perbedaan Budaya akan  mempengaruhI keefektifan dlm berkomunikasi
  • Perbedaan Bahasa dapat pula mempengaruhi keefektifan komunikasi

PERAN BAHASA DLM KOMUNIKASI
o  Bahasa adalah suatu sistem komunikasi yg terdiri dari seperangkat bunyi &  lambang tertulis yg digunakan oleh orang-orang pada suatu negara atau wilayah tertentu untuk berbicara dan menulis (Collins Cobuild)
o  Bahasa adalah :
n  Sistem lambang/tanda berupa macam-macam bunyi dipakai orang utk melahirkan pikiran/perasaan
n  Perkataan-perkataan yg dipakai oleh suatu bangsa
n  Percakapan, perkataan yg baik, sopan, tingkah laku yg baik (Purwadarminta)

Fungsi Bicara dalam Kehidupan

1. Sebagai alat melahirkan berbagai perasaan; Ungkapan kasih sayang,rasa kagum, heran, senang dsb.
2.  Sebagai alat komunikasi; memperlancar pergaulan, melahirkan gagasan, ide, kreatifitas, menambah pengetahuan dsb.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN/HAMBATAN BERKOMUNIKASI
o  Pengetahuan                    
o  Pengalaman
o  Intelegensi
o  Kepribadian
o  Budaya
o  Biologis;
            kelainan mulut, gagap, cadel

MACAM-MACAM BERBICARA
o  Dari segi Jarak; bicara langsung (face to face) dan tidak langsung
o  Dari segi sarana; Bicara melalui surat, tlp, radio, TV, E-Mail/Internet
o  Dari segi Tujuan; Bicara dlm seminar, raker, kampanye
o  Dari segi kedinasan; bicara soal kedinasan,
o  Dari segi bahasa; Tinggi rendahnya nada suara
o  Dari lawan bicara; satu lawan satu, satu lawan Kelompok
o  Dari segi hirarchi; atasan dengan bawahan, bawahan dengan bawahan
o  Dari segi pertumbuhan; sesuai perkembangan

TEKNIK BERKOMUNIKASI YANG EFEKTIF
o  Mendengar dengan aktif
o  Trampil dalam berbicara
o  Gaya bicara
o  Penampilan yang menarik; Pakaian, Pandangan Mata, raut muka, sikap badan, suara, tulisan, senyum, jabatan tangan, ingat nama, tulus.

Menciptakan Hubungan Baik
o  Menggunakan diskripsi/gambaran
o  Berorientasi pada pemecahan masalah
o  Spontanitas, jujur
o  Empaty
o  Meningkatkan komunikasi
o  Menggunakan diskripsi/gambaran
o  Berorientasi pada pemecahan masalah
o  Spontanitas, jujur
o  Empaty
o  Meningkatkan komunikasi

CIRI-CIRI KOMUNAKSI  TIDAK EFEKTIF
  • Bertele-tele
  • Malu-malu
  • Marah-marah
  • Maksud yg disampaikan tdk jelas
  • Tersembunyi maksud pesan
  • Non verbal
  • Satu arah
  • Tidak responsive
  • Tidak nyambung
  • Tidak terbuka

Jarak Individu Dlm Komunikasi
(Allan Pease, 1981)
  • The Intimate Zone (Jarak Komunikasi 6-18 inc/15-45cm)
  • - Bicara dengan teman dekat
  •   The Personal Zone (jarak Komunikasi 18-48 inc/45-120cm)
  •     - Bicara keg. Sosial dengan Teman yg kita kenal baik
 
  •   The Sosial Zone (Jarak Komunikasi 4-12 feet/1,5-3,5m
  •     - Bicara dengan orang asing
 
  •   The Public Zone (Jarak Komunikasi >12 feet/diatas 3,5m)
  •     - Bicara dengan pendengar/ Kelompok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar