Senin, 19 Mei 2014

02. PLANNING

PLANNING :
  • Pemilihan sekumpulan kegiatan & pemutusan selanjutnya 5W + 1H.
  • Proses memetakan sasaran & memilih cara untuk mencapai sasaran
  • Proses menetapkan tujuan dan memutuskan bagaimana hal tersebut dapat dicapai

TAHAP DASAR
  1. Tetapkan Tujuan
  2. Rumuskan Keadaan Saat ini
  3. Identifikasi Kemudahan dan Hambatan
  4. Kembangkan Rencana untuk pencapaian tujuan

Arti Penting Perencanaan
       Protective Benefit
       Positive benefit

Manfaaat
       Membantu manajemen untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
       Memudahkan dalam melakukan koordinasi
       Membantu penempatan tanggungjawab lebih cepat
       Membuat tujuan lebih jelas, terperinci, dan lebih mudah dipahami
       Meminimumkan pekerjaan yg tidak pasti
       Menghemat waktu, usaha, dan dana

Kelemahan
       Pekerjaan mungkin berlebihan dalam kenyataan
       Cenderung menunda pekerjaan
       Membatasi manajemen untuk berinisiatif dan berinovasi
       Kadang hasil terbaik didapatkan oleh penanganan setiap masalah saat masalah terjadi

Hierarki Rencana
       Rencana strategik
§  Mempertemukan organisasi dengan tujuan yang ditetapkan organisasi, dalam rangka mengimplementasikan misi perusahaan
       Rencana Operasional
§  Rencana detail yang menjabarkan bagaimana rencana strategis dapat direalisasikan ke dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari



HIERARKHI PERENCANAAN
RENCANA OPERASIONAL
       Single-use Plan (Rencana sekali pakai):
§  Rencana yang dikembangkan untuk menyelesaikan suatu tujuan yang sangat spesifik dan tidak digunakan lagi setelah tujuan yang dimaksudkan diselesaikan
       Standing Plan:
§  Pendekatan atau rencana yang dibakukan untuk menangani situasi yang sedang dihadapi atau diperkirakan

RENCANA OPERASIONAL-single use plan
       Program: sekumpulan kegiatan yang memperlihatkan adanya:
      Rangkaian langkah kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan
      Unit organisasi atau personil penanggung jawab setiap langkah
      Urutan dan waktu untuk setiap kegiatan
       Proyek:
      Bagian kecil dari program yang lingkup kerjanya sangat khusus dan waktunya cukup banyak
       Anggaran:
      Sumber dana yang diperlukan dalam jangka waktu tertentu

RENCANA OPERASIONAL-Standing plan
·         Uraian kegiatan yang berulang untuk menghadapi situasi yang relatif tidak berbeda
       Kebijakan (Policy):
      Pedoman umum daalam pengambilan keputusan yang menetaapkan apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh pimpinan atau karyawan
       Manfaat:
      Meningkatkan efektivitas organisasi
      Mengungkapkan personal value
      Mengurangi konflik yang terjadi
       Standard Procedure (SOP-Standard Operating Procedure):
      Proses kerja yang merupakan rincian dari kebijakan
       Aturan (Rules):
      Pernyataan yang menjelaskan suatu tindakan spesifik harus atau dilarang dilakukan dalam suatu kondisi tertentu

Penilaian Efektifitas Rencana
1. Kegunaan
2. Obyektifitas
3. Efektifitas Biaya
4. Akuntabilitas
5. Ketepatan waktu

Hambatan dlm Perencanaan
       Tujuan yang tidak tepat,
       tidak memahami lingkungan dan organisasi, dan
       tidak percaya diri.

Mengatasi Hambatan
       Pelatihan atau bantuan untuk manajer dalam hal penetapan tujuan  dan pemahaman organisasi dan lingkungan

Referensi
  • Stonner, James, A and Freeman, R. Edward. 1992. Management, Prenticep-Hall International Editions, Englewood Clifs New Jersye.
  • Robbins, Stephen, R and Coulter Mary, 2005. Management, Perason Prentice Hall,Singapore



Tidak ada komentar:

Posting Komentar