PENGERTIAN
RUANG LINGKUP
1. Keputusan Pendanaan,
Meliputi kebijakan manajemen dalam pencarian
dana perusahaan, misalnya kebijakan menerbitkan sejumlah obligasi dan kebijakan
hutang jangka pendek dan panjang perusahaan yang bersumber dari internal maupun
eksternal perusahaan.
2. Keputusan Investasi,
Kebijakan penanaman modal perusahaan kepada
aktiva tetap atau Fixed Assets seperti gedung, tanah, dan peralatan atau mesin,
maupun aktiva finansial berupa surat-surat berharga misalnya saham dan obligasi
atau aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
3. Keputusan Pengelolaan Aset,
Kebijakan pengelolaan aset yang dimiliki secara
efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.
TUJUAN
1. Menjaga Arus Kas
Dalam sebuah perusahaan, keluar masuknya uang
kas harus dipantau terus agar tidak terjadi pengeluaran yang membengkak.
Akibatnya bisa menyebabkan kerugian perusahaan. Uang kas biasanya dikeluarkan
untuk membeli bahan baku, menggaji karyawan, dan pengeluaran yang lain.
2. Memaksimalkan Keuangan Perusahaan
Tugas manajemen keuangan bukan hanya mengawasi
keuangan, tetapi juga melihat aktivitas anggaran dana yang tidak menguntungkan
bagi perusahaan yang dapat dihilangkan dan diganti dengan aktivitas yang lebih
menguntungkan perusahaan.
3. Mempersiapkan Struktur Modal
Manajer Keuangan dalam merencanakan struktur
modal harus bisa menyeimbangkan anggaran yang dimiliki dengan dana yang
dipinjam perusahaan.
Perencanaan keuangan yang tepat akan mampu
memaksimalkan keuntungan yang di dapat dalam waktu jangka yang panjang.
5. Meningkatkan Efisiensi
Dengan menganggarkan dana yang tepat pada semua
aspek, maka efisiensi dana perusahaan akan terus meningkat.
6. Mengoptimalkan Kekayaan Perusahaan
Manajer keuangan juga harus mampu membaca pasar
saham. Dengan memberikan pembagian laba semaksimal mungkin kepada pemegang
saham tentunya akan meningkatkan perusahaan dan memberikan kepercayaan pemegang
saham untuk terus berinvestasi di perusahaan.
7. Mengurangi Resiko Operasional
Keputusan yang tepat yang dilakukan manajer
keuangan akan berpengaruh terhadap resiko bisnis yang tidak pasti di setiap
waktu.
8. Memastikan Kelangsungan Kehidupan Perusahaan
Manajer keuangan memegang peranan penting
jalannya sebuah perusahaan. Keputusan yang tepat akan mampu membuat perusahaan
bertahan di persaingan bisnis, namun sebaliknya keputusan yang tidak hati-hati
akan menyebabkan sebuah perusahaan bangkrut.
9. Mengurangi Biaya Modal
Manajer keuangan harus membuat perencanaan
modal yang tepat, agar penggunaan modal dapat diminimalisasi sedemikian rupa.
FUNGSI
1. Planning
Merencanakan keuangan dalam sebuah perusahaan
sangat lah penting. Perencanaan keuangan meliputi mengatur uang kas, menghitung
rugi laba, merencanakan arus kas.
2. Budgeting
Budgeting merupakan kegiatan mengalokasikan
dana untuk semua keperluan perusahaan. Alokasi ini harus dilakukan seminimal
mungkin dan memaksimalkan anggaran yang ada.
3. Controlling
Controlling adalah melakukan pengontrolan atau
evaluasi terhadap keuangan yang sedang berjalan. Evaluasi dilakukan untuk
memperbaiki sistem keuangan perusahaan agar perusahaan dapat bertahan.
4. Auditing
Auditing adalah proses pemeriksaan keuangan.
Pemeriksaan keuangan perusahaan sesuai kaidah akuntasi akan menghindari
terjadinya penyelewengan dan penyimpangan dana perusahaan.
5. Reporting
Reporting adalah melaporkan keuangan.
Melaporkan keuangan perusahaan harus dilaksanakan secara terbuka dan transparan
di semua kalangan perusahaan. Laporan ini berguna untuk memberikan informasi
keadaan keuangan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar